8 Fakta Kebiasaan Unik Puasa Di Banjarmasin

8 Fakta Kebiasaan Unik Puasa Di Banjarmasin - AsikBelajar.Com.  Masyarakat Banjarmasin sangat terkenal dengan religiusnya. Bahkan salah satu kabupaten yang berdampingan dengan kota Banjarmasin disebut dengan kota serambi mekah yaitu Martapura. Ada hal-hal kebiasaan yang unik menarik untuk kita ketahui selama bulan puasa di kota tersebut. Bahkan ada kebiasaannya yang diikuti daerah lain bahkan menjadi kebiasaan "nasional". Apa saja kebiasaan unik tersebut? Mari kita simak yuk...
8 Fakta Kebiasaan Unik Puasa Di Banjarmasin
  1. Pasar Wadai atau ada yang bilang menjadi Ramadhan Cake Fair. Masyarakat Banjarmasin atau suku Banjar dikenal dengan suku yang suka jajan makanan.  Bahkan pasar wadai sudah menjadi agenda tahunan Pemda Pariwisata Banjarmasin.  Saat bulan puasa ramadhan inilah berbagai jenis wadai (kue) akan tampil bahkan jenis-jenis kue tertentu sebagai syarat acara tertentu akan dapat kita lihat dan akan hilang kembali setelah bulan puasa berlalu. Jenis kue tersebut seperti cucur, cincin dll hanya dapat dilihat pada tempat dan acara tertentu saja.  
  2. Shalat Subuh kembali semarak.  Bila shalat subuh bulan biasanya dihadari hanya beberapa orang, maka shalat subuh di masjid Raya akan diikuti banyak remaja.  Hal itu sehabis shalat subuh diukti dengan jalan-jalan sambil saling mengenal satu sama lain.
  3. Jalan-Jalan Sore. Sebenarnya sama saja dimana-mana ada kebiasaan jalan-jalan sore sambil menunggu beduk berbuka. Biasanya remaja ngumpul di pasar wadai sambil santai keliing pasar sambil belanja dan mencari pasangan bagi yang belum punya.
  4. Berbuka dan Shalat Magrib Bersama. Bukber atau buka bersama ini biasanya dilakukan atas nama kelompok tertentu atau sekaligua reunian. Kegiatan selain buka bersama, kangen-kangenan, diikuti dengan shalat magrib dan taraweh bersama.
  5. Tadarus Al-Quran di setiap masjid atau langgar (Surau).  Sehabis shalat taraweh sebagian orang melakukan tadarus al-quran selama satu bulan penuh atau sama dengan tamat al-quran.
  6. Langgar sebagai informan jadwal Sahur. Jangan heran bila mendengar acara "babagarakkan" versi langgar.  Mereka akan memberikan informasi tentang jadwal imsyak pada hari tersebut. Hampir setiap jam mereka beri tahukan termasuk sisa waktu bersahur.
  7. Remaja dan anak-anak ramai berbelanja di warung. Warung yang biasa buka siang, selama bulan ramadhan menjadi buka pada malam hari. Akhirnya pembelinyapun ikut berbelanja pada malam hari.
  8. Ziarah ke kubur meningkat. Bagi suku Banjarmasin bulan puasa ramadhan adalah bulan bersih-bersih dan memperbanyak ibadah. Tak lupa biasanya mengadakan kunjungan ke kubur sambil melakukan kebersihan.
Nah, itulah fakta menarik dan unik yang ada di masyarakat warga Banjarmasin dan sekitarnya sampai ke daerah-daerah di Kalimantan Selatan.

Baca juga: 7 Fakta Unik Lebaran di Indonesia [Klik Disini]
Tag : Ujar
0 Comments for "8 Fakta Kebiasaan Unik Puasa Di Banjarmasin"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top