Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini-PAUD

Tujuan PAUD:
  1. Sebagai kerangka dasar (fondasi) bagi anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan serta pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
  2. Untuk mengintervensi sejak dini dengan memberikan rangsangan edukasi sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi tersembunyi yang terdapat pada anak.
  3. Mengembangkan potensi-potensi yang sudah tampak pada anak tersebut.
  4. Agar dapat melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan potensi-potensi yang dimiliki anak usia dini.

Fungsi PAUD:
  1. Fungsi adaptasi/sosial yang berperan dalam membantu anak menyesuaikan diri dengan keadaan dan situasi di sekitarnya kemudian ia sesuaikan dengan kondisi dan situasi dirinya sendiri sebagai pengenaan berbagai pola sikap, perilaku, kebiasaan, dan sifat orang di sekitar yang akan membantu anak untuk memahami aspek-aspek psikologis dari lingkungan sosial anak.
  2. Fungsi pengembangan yang berperan dalam menumbuhkembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak dengan memberi suatu situasi atau lingkangan edukatif sehingga potensi-potensi tersebut dapat berkembang optimal dan bermanfaat bagi anak itu sendiri dan lingkungannya.
  3. Fungsi bermain, karena bermain merupakan hak anak sepanjang rentang hidupnya, melalui bermain anak dapat memperoleh banyak pengetahuan dan melalui kegiatan bermain neuron-neuron otak anak berkembang dengan sangat pesat.
Sumber bacaan:
Risaldy, Sabil dan Meity H. I. 2014. Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media. Hal. 17-18.
2 Comments for "Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini-PAUD"

Dan juga bermanfaat untuk perkembangan otaknya ya mas.

Pendidikan di usia dini memang sangatlah diperlukan.

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top