Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Blog Pertama Kali

Postingan ini adalah curhatan pengalaman yang pernah AsikBelajar.Com lakukan semasa masih belajar untuk pertama kalinya membuat blog.  Awalnya belajar masih menggunakan platform wordpress dan blogspot (sejak awal ingin tahu masing-masing platform kelebihan dan kekurangannya).  Berjalannya waktu setelah mengenal Google AdSense akhirnya fokus menggunakan blogspot atau biasa yang disebut blogger [dot] com.  Awalnya begitu postingan pertama bisa tayang dan terlihat di layar komputer adalah senang bercampur kagum. Pokoknya saat itu merupakan suatu pengalaman tersendiri bagi pembuat blog. Namun setelah dievaluasi dari berjalannya waktu, akhirnya sudah bisa membandingkan saat dulu dan blog yang ada sekarang. Inilah hasil evaluasi yang dirasakan versi AsikBelajar.Com....
Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Blog Pertama Kalia
  1. Tampilan yang seadanya. Tampilan yang dimaksud disini dari segi template. Mereka yang baru membuat blog biasanya belum mengetahui adanya template siap pakai gratis diluar bawaan dari blogspot. Disarankan bagi yang memulai hobbi ngeblog supaya browsing di google dengan kata kunci "Template Gratis terbaru Responsive Blogger". Silakan kalian pilih dan download. Bila sudah maka saatnya kalian belajar dan cari di google bagaimana mengganti template blogger.
  2. Tidak mengerti istilah "Readmore".  Blog pemula artikel/potingan pada posisi home terlihat panjang, sehingga kadang mengganggu bagi mereka yang ingin melihat artikel lainnya. Saran: supaya belajar membuat potongan readmore secara manual dengan menggunakan fasilitas di bagian atas menu sewaktu membuat postingan dengan tanda kertas terputus. Atau belajar cari di google dengan kata kunci "membuat readmore automatis".
  3. Asal Copy.  Dalam artikel yang ditampilkan berasal dari artikel copy/paste punya orang , terkadang terlihat masih banyaknya link asal artikel yang menempel dalam artikelnya. Hal tersebut sangat mengganggu apabila sang blogger mau bermain dalam AdSense, karena termasuk pelanggaran dalam TOS-nya om google.
  4. Tidak mengerti teknik SEO.  Ini bisa terjadi saat mereka insert gambar atau copy paste artikel yang salah posisi. Sehingga format dari microsoft word masih nempel atau tidak adanya penggunaan alt dan title untuk gambar. Silakan belajar teknik SEO untuk pemula. Termasuk pemasangan meta tag blog dll.
  5. Tidak Mengenal apa itu breadcrumb blog. Silakan kalian cari cara membuat breadcrumb blog.
  6. Blog Tidak Responsive.  Sadar atau tidak, sekarang pencari informasi dalam kenyataannya sehari-hari banyak menggunakan gadget/perangkat smartphone, sehingga blog yang dibuat selayaknya harus mengikuti trend atau template yang dipakai bisa menyesuaikan alat yang digunakan pencari informasi atau kata lain template yang bisa dalam segala hal.
  7. Miskin Fitur Lainnya.  Silakan cari lagi fitur-fitur lainnya agar blog bisa dimanfaatkan pembacanya berinteraksi. Contoh fitur Share/berbagi, komentar via facebook dll.
Itu saja dulu, ada yang mau nambahkan? Happy Blogging.
Tag : Blog
1 Comments for "Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Blog Pertama Kali"

Maaf gan sekedar share saja, kalau saya biasanya membuat blog gratis dengan hosting gratis di webhosting.web.id atau sentorahost.com atau bisa juga di runhostins.com. Enak menggunakan control panel gratisan disana gan, silahkan mencoba dan langsung meluncur kesana, mungkin bisa bermanfaat. Terima kasih diijinkan sharing

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top