Pengertian Hasil Belajar

Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan (Hamalik, 2009:37).

Hasil belajar merupakan tingkah laku siswa yang diperoleh di sekolah melalui proses belajar. Hasil belajar adalah hasil akhir setelah mengalami proses belajar dimana tingkah laku itu dalam bentuk perbuatan yang diamati dan diukur. Hasil belajar yang dicapai siswa di pengaruhi oleh dua faktor dari luar dan lingkungan.

Hasil belajar yang dicapai siswa melalui proses pembelajaran yang optimal cenderung mewujudkan hasil yang bervariasi sebagai berikut (Sudjana, 2011: 56-57):
1)    Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi belajar instrinsik pada diri siswa.
2)    Menambah keyakinan akan kemampuan dirinya.
3)    Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya.
4)    Hasil belajar diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif).
5)    Kemampuan siswa untuk mengontrol/menilai dan mengendalikan dirinya terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya.

Untuk mengetahui perubahan-perubahan yang dialami oleh siswa setelah proses belajar-mengajar dapat dilakukan evaluasi pada setiap materi pelajaran yang diberikan. Adanya perubahan-perubahan ini tampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa.

Proses belajar mengajar siswa bukan hanya merupakan penguasaan pengetahuan semata atau berbagai hal yang pernah diajarkan atau dilatih, tetapi juga meliputi perubahan tingkah laku, seperti yang dinyatakan oleh Gagne, bahwa hasil belajar adalah suatu perubahan individu, perubahan itu tidak hanya mengenai perubahan pengetahuan, juga membentuk kecakapan, kebiasaan pribadi individu yang belajar (Slameto, 2010:13).
0 Comments for "Pengertian Hasil Belajar"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top