Fungsi Sarana dan Prasarana Pendidikan

Ditinjau dari fungsinya terhadap proses belajar mengajar, prasarana pendidikan berfungsi tidak langsung.  Yang termasuk di dalam prasarana pendidikan adalah tanah, halaman, pagar, tanaman, gedung/bangunan sekolah, jaringan jalan, air, telepon, serta perabot/mebiler. Sedangkan sarana pendidikan berfungsi langsung terhadap proses belajar mengajar, seperti alat pelajaran, alat peraga dan media pendidikan (Gunawan, 1996:115).  
Ketiga macam golongan tersebut akan diuraikan satu persatu berdasarkan klasifikasinya  masing-masing:
  1. Alat pelajaran adalah semya benda yang dapat digunakan secara langsung oleh guru maupun murid dalam proses belajar mengajar, atau/alat benda yang dipergunakan secara langsung oleh guru maupun murid dalam proses belajar mengajar. Alat pelajaran dapat berupa buku tulis, gambar-gambar, alat-alat tulis-menulis lain seperti kapur, penghapus, dan papan tulis maupun alat-alat praktek, semuanya termasuk ke dalam lingkup alat pelajaran. 
  2. Alat peraga adalah semua alat pembantu pendidikan dan pengajaran, baik berupa benda ataupun perbuatan  dari yang tingkatnya paling kongkrit sampai yang paling abstrak yang dapat memepermudah pemberian pengertian (penyampaian konsep) kepada murid atau segala sesuatu yang digunakan guru untuk memperagakan atau memperjelas pelajaran. 
  3. Media pendidikan adalah sarana  pendidikan yang digunakan sebagai perantara di dalam proses belajar mengajar untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiensi, tetapi dapat pula sebagai pengganti peranan guru. Biasanya klasifikasi media pendidikan didasarkan atas indera yang digunakan untuk menangkap isi dari materi yang disampaikan dengan media tersebut. Dengan cara pengklasifikasian ini dibedakan atas:
•    Media audio atau media dengar, yaitu media untuk pendengaran.
•    Media visual atau media tampak, yaitu media untuk penglihatan.
•    Media audio visual atau media tampak-dengar, yaitu media untuk pendengaran dan penglihatan.
Menurut Suharsimi Arikunto yang dikutif oleh Suryosubroto (2004:114), ditinjau dari fungsi atau perannya terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar, maka sarana pendidikan (sarana material) dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1)    Alat pelajaran.
2)    Alat peraga.
3)    Media pengajaran.

Sumber:
Gunawan, A.H. 1996. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 115
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 114
Tag : Manajemen
0 Comments for "Fungsi Sarana dan Prasarana Pendidikan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top