Tujuan Utama Strategi Pembelajaran Inkuiri

Strategi pembelajaran ini sering juga dinamakan strategi heuristic, yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu heuriskein yang berarti saya menemu­kan.
Tujuan utama pembelajaran yang berorientasi pada inkuiri adalah mengembangkan sikap dan keterampilan siswa, sehingga mereka dapat menjadi pemecah masalah yang mandiri (independent problem solvers).  Dengan begitu siswa harus bisa mengembangkan pemikiran skeptis tentang sesuatu hal dan peristiwa-peristiwa yang ada di dunia ini (Jarolimek, 1977).  Menurut pendapat Joice dan Weil (1980) mengatakan bahwa tujuan umum dari pendekatan inkuiri ini adalah membantu siswa mengembangkan disiplin dan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk memunculkan masalah dan mencari jawabannya sendiri melalui rasa keingin-tahuannya itu.

Berdasarkan kedua pendapat tersebut, maka disimpulkan bahwa tujuan umum pendekatan inkuiri adalah membantu siswa disiplin dan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk memunculkan masalah dan kemudian dapat mencari jawabannya sendiri sehingga mereka dapat menjadi pemecah masalah mandiri.

Pendapat lain mengatakan bahwa tujuan utama dari strategi inkuiri adalah pengembangan kemampuan berpikir. Dengan demikian, strategi pembelajaran ini selain berorientasi ke­pada hasil belajar juga berorientasi pada proses belajar.

Sumber:
  • Ngalimun, dkk. 2015.  Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. hlm.63
  • https://amierkamboja88.wordpress.com
0 Comments for "Tujuan Utama Strategi Pembelajaran Inkuiri"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top