7 Prinsip Kepemimpinan Bermutu dalam Pendidikan

Berikut merupakan prinsip-prinsip yang diberlakukan bagi kepemimpinan bermutu antara lain (Sukmadinata, 2006:14): 
  1. Dalam  kepemimpinan  mutu,  seseorang  mengukur  keberhasilannya  dari keberhasilan orang-orang (semua anggota) dalam organisasi.
  2. Tanggung jawab berbagi. Semua unsur dalam organisasi sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas. Tugas majelis sekolah, pengawas, dan administrator memberikan fokus serta pengarahan terhadap sekolah semua anggota organisasi sekolah memiliki visi tentang masa depan yang sama,  memahami  program  mutu  dan  tugas-tugasnya.  Setiap  anggota disorong  untuk  terbuka,  kreatif,  dan  inovatif  sehingga  memungkinkan mencapai visi dalam sistem yang luas. 
  3. Perbaikan  mutu  berkelanjutan.  Unsur-unsur  pimpinan  mendorong  guru dan staf untuk mencapai tujuan akhir oraganisasi yaitu penyempurnaan yang berkelanjuran. 
  4. Dalam  piramid  kepemimpinan  mutu,  majelis  sekolah,  pengawas,  dan administrator harus menyediakan bahan serta alat-alat (resources) yang dibutuhkan guru dan staf. Dengan demikian, tidak ada lagi  kekuasaan mutlak dalam kepemimpinan itu. 
  5. Peran guru dan staf. Semua orang dalam piramid kepemimpinan mutu adalah pemimpin. Untuk mencapai mutu visi mutu dalam pendidikan, guru harus menanamkan visi ini kepada siswa. Siswa harus mempunyai visi dan kemampuan untuk berbuat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai visi tersebut.
  6. Sebagai pemimpin mutu, tiap orang bertanggung jawab menghilangkan hambatan yang mencegah performansi yang tinggi.
  7. Tiap orang ingin  menjadi  orang  yang unggul.  Tantangan utama untuk pendidikan  bermutu  adalah  menghilangkan  hambatan-hambatan organisasional yang menghambat orang untuk berhasil.

Tag : Manajemen
0 Comments for "7 Prinsip Kepemimpinan Bermutu dalam Pendidikan"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top