Manajemen Komponen-Komponen Sekolah

Manajemen sekolah (School management) merupakan faktor yang terpenting dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang keberhasilannya diukur oleh prestasi tamatan (out put), oleh karena itu dalam menjalankan kepemim-pinan,  harus berpikir  “sistem” artinya dalam penyeleng-garaan  pendidikan di sekolah subtansi-subtansi pendidikan disuatu sekolah atau manajemen berbasis sekolah (School Based Management) harus berfungsi optimal.

Agar dapat berjalan dengan baik dan benar-benar terintegrasi dalam suatu sistem kerja sama untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien hal yang paling penting dalam implementasi School Based Management adalah manajemen terhadapat komponen-komponen sekolah itu sendiri.
Setiap satuan pendidikan perlu memperhatikan komponen-komponen Manajemen Sekolah. Dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah beberapa komponen sekolah yang perlu dikelola yaitu kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, Keuangan, sarana dan prasarana pendidikan, penge-lolaan hubungan sekolah dan masyarakat, serta manajemen pelayanan khusus lembaga pendidikan (Mulyasa ,2009: 39).
  1. Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran (Klik Disini)
  2. Manajemen Tenaga Kependidikan (Klik Disini)
  3. Manajemen Kesiswaan (Klik Disini)
  4. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan (Klik Disini)
  5. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Klik Disini)
  6. Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (Klik Disini)
  7. Manajemen Layanan Khusus (Klik Disini)
  8. Manajemen Waktu (Klik Disini)
Tag : Manajemen
1 Comments for "Manajemen Komponen-Komponen Sekolah"

Terima kasih info tentang manajemen itu sangat bermanfaat sekali. Dan juga pekerjaan sebagai konsultan manajemen masih sangat menjanjikan. Ada yang tahu informasi tentang Harga HP Terbaru, ni mau beli buat gantiin hp jadul.

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top