Pragmatisme Charles Sanders Peirce

Pragmatisme Charles Sanders Peirce
Charles S. Peirce adalah putra dari Benjamin Peirce, seorang ahli matematika terkenal Havard yang menghabiskan waktu dan tenaga nya untuk memberikan pendidikan unggul (excellent education) kepada putranya. Sekalipun Charles Pierce jarang bergaul dalam lingkungan akademik dan hidup dalam keadaan miskin, tetapi ia berhasil lulus dari Lawrence Scientific School dengan predikat summa cum laude.

Peirce mencoba mensintesis rasionalisme yang melekat pada logika dan matematika dengan empirisme objektif, sedangkan James berjuang untuk mengkombinasikan subjektivisme yang terdapat dalam individualisme dirinya dengan empirisme objektif. Apabila James dengan gaya retorika yang khas menyatakan bahwa "kebenaran adalah apa yang dikerjakan" dan "yang benar adalah mengarah pada tujuan", Peirce justru membuka pragmatisme untuk dibawa menjadi filosofi tentang tujuan itu sendiri. Peirce mengabdikan dirinya pada perkembangan metode inkuiri yang dapat digunakan verifikasi kebenaran umum secara meluas.

Pemikiran Peirce yang patut direnungkan antara lain adalah "apa yang dimaksud dengan kebenaran". Peirce yakin bahwa kebenaran yang hakiki adalah kebenaran menurut fakta bukan menurut opini. Kebenaran menurut opini sangat tergantung dari apa yang disepakati oleh orang yang membuat opini, sedangkan kebenaran menurut fakta adalah nyata adanya. Dalam hal ini Peirce (1956: 26) menyatakan sebagai berikut:
There are real things, whos characters are entirely independent of our opinions about them; whos realities affect our senses according to regular laws, and, though our sensations are as different as our relations to the objects, het, by taking advantage of the laws of perception, we can ascertain by reasoning how things really are, and any man, if he has sufficient experience and reason enough about it, will be led to the one true conclusion
Dari penegasan Peirce di atas, dapat dipahami bahwa ia menolak kesimpulan suatu kebenaran atas dasar seseorang atau kelompok, karena pada prinsipnya realita bersifat bebas dari opini. Realita, menurut Peirce berjalan menurut hukum reguler yang mengatur hubungan antara objek-objek yang ada.
0 Comments for "Pragmatisme Charles Sanders Peirce"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top