Louis XIV; Apa Kesalahan Terbesar Dia?

Louis XIV; Apa Kesalahan Terbesar Dia? - AsikBelajar.Com.  Louis XIV (1638-1715) adalah raja Perancis yang memerintah selama 72 tahun.  Ia percaya bahwa Tuhanlah yang mengangkatnya menjadi raja. Karena itu, ia memerintah secara mutlak.  Louis naik tahta setelah ayahnya, Louis XIII, mangkat pada tahun 1642.  Louis bertubuh pendek tetapi tegap dan tampan.

Louis XIV; Apa Kesalahan Terbesar Dia?
Louis menginginkan Perancis menjadi negara besar dengan dirinya sebagai raja yang sangat berkuasa.  Ia memerangi Inggeris, Negeri Belanda, Spanyol, dan Jerman.  Ia berhasil memperluas wilayahnya tetapi hampir seluruh Eropa memusuhinya.  Louis menghamburkan banyak uang untuk keperluan tentara, pribadi, dan istananya.  Louis membangun istana Versailles yang megah dan disuruhnya para bangsawan Perancis tinggal di sana agar ia selalu dapat mengawasi mereka.  Ketika ia mangkat pada tahun 1715, pemerintah Perancis jatuh miskin.  Sebagian besar penduduknya melarat.  Sebelum meninggal Louis sempat menasihati cicitnya, yang berumur 5 tahun sebagai pewaris tahta, agar menjauhkan diri dari peperangan dan penghamburan uang yang sia-sia, yang merupakan kesalahannya yang paling besar.

Louis XIV memindahkan kehidupan istananya ke istana Versailles pada tahun 1682.  Istana ini menampung 5.000 orang yang hidup secara mewah.

Biografi singkat:
Louis XIV adalah raja Perancis dan Navarre yang dinobatkan pada 14 Mei 1643 dalam usia lima tahun. Ia baru mulai berkuasa penuh sejak wafatnya menteri utamanya, Jules Cardinal Mazarin pada tahun 1661. Lahir: 5 September 1638, Château de Saint-Germain-en-Laye, Saint-Germain-en-Laye, Perancis
Meninggal: 1 September 1715, Istana Versailles, Versailles, Perancis
Pasangan: Françoise d'Aubigné, Marquise de Maintenon (m. 1683–1715), Maria Teresa dari Spanyol (m. 1660–1683)
Anak: Louis, Grand Dauphin, Louis Auguste, Duke of Maine, lainnya
Orang tua: Louis XIII dari Perancis, Ana dari Austria
Saudara kandung: Philippe I, Duke of Orléans

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-13 Hal. 32.
http://id.wikipedia.org/wiki/Louis_XIV_dari_Perancis
Tag : Biografi
0 Comments for "Louis XIV; Apa Kesalahan Terbesar Dia?"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top