Ekspedisi Lewis dan Clark

Ekspedisi Lewis dan Clark
Ekspedisi Lewis dan Clark - AsikBelajar.Com.  Meriwether Lewis (1774-1809) dan Willian Clark (1770-1838) menjelajahi daerah Amerika dari sebelah baratlaut Sungai Mississippi sampai samudra Pasifik.  Perjalanannya disebut Ekspedisi Lewis dan Clark.

Presiden Thomas Jefferson ingin mengetahui lebih banyak tentang daerah Louisiana, yang dibeli dari Perancis pada tahun1803.  Ia menunjuk sekretarisnya, Meriwether Lewis dan temannya bernama Willian Clar, untuk menjelajahi daerah tersebut.  Jefferson berharap bahwa mereka akan menemukan jalan darat dan jalan sungai ke Pasifik.

Lewis dan Clark serta lebih dari 30 orang lainnya berangkat dari St. Louis pada tanggal 14 Mei 1804.  Mereka berlayar menyusuri sungai Missouri sampai ke Dakota Utara.  Seorang pemburu berbangsa Perancis dan isterinya Sacagawea, orang Indian Shoshone, bertindak sebagai penunjuk jalan.  Setelah melintasi pegunungan Bitterroot dan Rocky mereka melihat Samudra Pasifik pada tanggal 7 November 1805.

Selama ekspedisi Lewis dan Clark mendapat banyak informasi yang berharga untuk membuat peta pertama tentang daerah Amerika yang luas itu.

Selama ekspedisi mereka Lewis dan Clark menempuh jarak 12.872 km dalam 28 bulan.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-13 Hal. 23.
Tag : Biografi
0 Comments for "Ekspedisi Lewis dan Clark"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top