Mengenal Keunikan Burung Kolibri

Mengenal Keunikan Burung Kolibri
Mengenal Keunikan Burung Kolibri - AsikBelajar.Com. Kolibri adalah burung kecil berwarna cerah yang hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan.  Ada 20 macam burung Kolibri dan kebanyakan hidup di daerah tropis.  Yang terkecil adalah Kolibri Kuba yang panjangnya 6,4 cm.

Kolibri adalah penerbang ulung. Ia dapat terbang meju dan mundur serta bergerak ke samping atau melayang ke udara. Selagi terbang sayabnya bergerak sangat cepat; pada kolibri kecil sampai 75 kali dalam satu detik.  Ia sangat cepat menghabiskan tenaga dan, oleh karena itu, memerlukan banyak makanan untuk dapat tetap terbang.

Gerakan sayap kolibri yang sangat cepat menimbulkan suara berdengung.  Kolibri menggunakan paruh yang kecil panjang untuk mendapatkan makanan dari bagian dalam bunga.  Ia mengisap nektar dengan lidahnya yang panjang...[1].

Info lain tentang kolibri:
Mengenal Keunikan Burung Kolibri
Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes.
Kolibri adalah burung terkecil di dunia. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.
Kolibri adalah penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12-80 kali kepakan. Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik.
Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.
Burung terkecil di dunia adalah burung kolibri lebah. Telurnya tidak lebih besar dari kacang polong. Kolibri berleher rubi biasanya melakukan perjalanan 500 mil di Teluk Meksiko tanpa henti...[2]
Sumber:
[1] Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-5 Hal. 39.
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Kolibri
Tag : Ujar
0 Comments for "Mengenal Keunikan Burung Kolibri"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top