Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?

Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?
Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana? - AsikBelajar.Com. Arktik adalah daerah paling utara di dunia. Sebagian besar daerah itu terdiri dari Samudra Arktik, yang membeku hampir sepanjang tahun. Sisanya merupakan padang rumput yang datar tanpa pohon-pohonan dan luas sekali, disebut tundra.

Musin dingin di Arktik merupakan malam yang panjang. Di musim panas harinya panjang sekali dan hampir tidak pernah gelap.

Di daerah Arktik terdapat banyak binatang, seperti beruang kutub, beruang laut, rusa kutub, anjing laut, karibu dan "ikan paus". Selama musim panas banyak burung bersarang dan ratusan tumbuhan bersemi.

Orang pertama yang mencapai Kutub Utara adalah Laksamana Robert E. Peary, seorang Amerika. Dia memimpin ekspedisi ke Kutub Utara pada tahun 1909. Banyak lagi yang telah menjelajahi dan membuat peta daerah Arktik. Orang Amerika lain, Laksamana Muda Richard E. Byrd, adalah yang pertama terbang melintasi Kutub Utara pada tahun 1926.

Pada musim semi dan panas yang singkat di Arktik sapi kasturi makan rumput di tundra.  Rusa kutub dan kereta luncur adalah alat yang baik untuk bepergian melintasi es di daerah Arktik.

Info lainnya tentang Arktik: 
Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?
Arktik berasal dari bahasa Yunani yang berarti beruang, adalah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi. Arktik termasuk bagian dari Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Lapland, dan Norwegia (termasuk Svalbard), dan juga Samudra Arktik.

Ada banyak definisi wilayah Arktik. Batasannya biasanya adalah di utara lingkaran arktik (66° 33’U), yang merupakan batas dari matahari tengah malam dan malam polar. Definisi lainnya berdasarkan iklim dan ekologi, seperti 10 °C (50 °F) isoterma (isotherm) Juli, yang juga berhubungan dengan treeline di sebagian besar Arktik. Secara sosial dan politik, Wilayah Arktik termasuk wilayah utara dari delapan negara Arktik, meskipun dalam ilmu alam definisi dari wilayan ini dianggap sebagai wilayah subarktik.

Arktik merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan beberapa komunitas manusia.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-2 Hal. 22.
http://id.wikipedia.org/wiki/Arktik
Tag : Ujar
1 Comments for "Arktik; Siapa yang Sudah Ke Sana?"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top