Aesop Membuat Binatang Bicara

Aesop Membuat Binatang Bicara
Aesop Membuat Binatang Bicara - AsikBelajar.Com. Aesop terkenal sebagai penulis fabel Aesop.  Fabel adalah cerita pendek yang memberi pelajaran tentang kehidupan. Banyak fabel Aesop menokohkan binatang. Hewan-hewan itu dapat berbicara dan bertingkah laku seperti manusia.  Dalam dongeng Aesop pelajaran selalu disampaikan kepada pembaca dalam bentuk petuah. Nasihat ini disebut akhlak.  Salah satu dongeng Aesop yang terkenal adalah "Semut dan Belalang". Pada musim panas, semut mulai menyimpan makanan buat musim dingin. Namun si belalang hanya main-main saja. Ketika musim dingin tiba, semut mempunyai banyak persediaan makanan, sedang belalang tidak punya makanan sama sekali. Nasihat Aesop adalah: "Sebaiknya kita bersiap-siap untuk saat-saat ketika kita kekurangan".

Dalam cerita "Kura-kura dan Kelinci", seekor kura-kura yang lamban tiba lebih dahulu di garis akhir dari pada kelinci yang cepat.  Nasihat yang terkandung adalah "lambat tetapi ulet akan memenangkan perlombaan".

Tidak banyak yang diketahui tentang Aesop. Mungkin dia lahir di Asia tahun 620 SM dan menjadi budak dari seorang Yunani yang kaya. Aesop mengarang dongeng-dongeng serta menceritakannya untuk menghibur orang. Fabel-fabelnya kemudian ditulis dan dikumpulkan sekitar tahun 300 SM.  Fabel Aesop lain yang terkenal adalah "Rubah dan Anggur" dan "Srigala Berbaju Domda".

Berdasarkan data di Wikipedia, Aesop lahir di Amorion, Turki tahun 620 SM, dan meninggal tahun 564 SM.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-1 Hal. 11.
Internet+Wikipedia.
Tag : Biografi
0 Comments for "Aesop Membuat Binatang Bicara"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top