Tinjauan Teori Perkembangan Anak

Tinjauan Teori Perkembangan Anak - AsikBelajar.Com. Tahap perkembangan anak berdasarkan usia secara teoritis terbagi dalam 3 (tiga) periode perkembangan sebagai berikut:
Tinjauan Teori Perkembangan Anak

  1. Periode Prenatal, yaitu masa perkembangan yang terjadi dalam rahim ibu (mulai pembuahan hingga kelahiran): +/- 270-280 hari / 9 bulan.
  2. Masa Bayi, yang terbagi atas: (1) Masa Neonatal (0-2 minggu); (2) Masa bayi (2 minggu - 2 tahun).
  3. Masa Anak-Anak (2-12 tahun), yang terbagi atas dua sub-periode, yaitu: (1) Masa Prasekolah (2-6 tahun);(2) Masa Sekolah Dasar (6-10 tahun).
 Pada dasarnya setiap tahap perkembangan anak dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor utama, yaitu:
  1. Faktor bawaan (herediter). Merupakan suatu kondisi yang telah ada sejak lahir seperti potensi kecerdasan, bakat, minat dan kecenderungan atau sifat yang diturunkan dari orang tua.
  2. Faktor perngalaman (lingkungan). Merupakan suatu kondisi yang dialami anak sepanjang kehidupannya baik di rumah, sekolah maupun lingkungan pergaulan di luar rumah. Setiap anak mengembangkan pola prilaku yang unit sesuai dengan pengalamannya yang berbeda-beda dalam pemenuhan dan perkembangan kebutuhannya.
Hurlock (1978) menjelaskan bahwa aspek tumbuh kembang anak terdapat pada 5 (lima) proses perkembangan, antara lain:
  1. Psikomotorik, lebih pada kesehatan fisik, kekuatan motorik, kemampuan merawat diri, kemandirian, dan rasa kompetensi.
  2. Kognitif - Intelektual, lebih terdapat pada kreativitas, penalaran, perkembangan bahasa, pengetahuan dasar umum, dan pengenalan lingkungan hidup.
  3. Emosi, lebih kepada pengenalan diri, ketekunan dan antusiasme pada kegiatan.
  4. Sosial, lebih kepada ketertiban, disiplin kegiatan, kerjasama dan latihan "aturan main" sosial (misal: perilaku anti, kompromi, dan tenggang rasa).
  5. Moral, lebih kepada perilaku benar dan salah (etika) dan perilaku baik atau buruk (etiket).
Baca juga tentang TEORI PIAGET tentang:Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif (klik disini) dan Karakteristik Perkembangan Anak Usia Kelas Awal (klik disini).

Diresume dari :
Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.13-14.
0 Comments for "Tinjauan Teori Perkembangan Anak"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top