Rembrandt Harmenszoon van Rijn

Rembrandt Harmenszoon van Rijn
Rembrandt Harmenszoon van Rijn - AsikBelajar.Com.  Rembrandt adalah seorang seniman terbesar. Ia banyak menghasilkan karya seni. Rembrandt diketahui telah membuat lebih dari 600 buah lukisan, 300 sketsa, dan hampir 2.000 gambar.

Rembrandt dilahirkan di Leiden, Negeri Belanda pada tahun 1606. Nama lengkapnya adalah Rembrandt Harmenszoon van Rijn. Ia belajar pada pelukis-pelukis Belanda terkenal. Pada tahun 1632 ia pindah ke Amsterdam, lalu menikah, dan mendirikan sanggar. Di sana ia melukis dan memberikan pelajaran seni. Rembrandt membuat bermacam-macam lukisan di antaranya pemandangan, orang, kehidupan sehari-hari, adegan sejarah dan dongeng, serta kisah-kisah dari kitab injil. Ia melukis dengan berbagai teknik dan sangat terkenal akan kepandaiannya menggunakan cahaya dan bayangan secara dramatik. Rembrandt melukis hampir 100 buah lukisan dirinya. Setelah istrinya meninggal pada tahun 1642, Rembrandt jadi kurang terkenal sebagai pelukis. Menjelang tahun 1656 ia jatuh miskin meskipun lukisan-lukisannya yang terakhir merupakan karyanya yang terindah. Ia meninggal dunia pada tahun 1669.

The syndics of the cloth guild
Salah satu lukisan kelompok karya Rembrandt berjudul "The syndics of the cloth guild" (Perkumpulan Serikat Kerja Pertemuan), memperlihatkan kemampuannya menggunakan cahaya dan bayangan secara dramatik.

Biografi singkat:
Lahir: 15 Juli 1606, Leiden, Belanda
Meninggal: 4 Oktober 1669, Amsterdam, Belanda
Pasangan: Saskia van Uylenburgh (m. 1634–1642)
Pendidikan: Universitas Leiden
Orang tua: Neeltgen Willemsdochter van Zuytbrouck, Harmen Gerritszoon van Rijn

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-19 Hal. 35.
Internet + Wikipedia
Tag : Biografi
0 Comments for "Rembrandt Harmenszoon van Rijn"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top