Mengenal Plastik dan Sejarahnya

Mengenal Plastik dan Sejarahnya
Mengenal Plastik dan Sejarahnya - AsikBelajar.Com.  Plastik adalah bahan buatan yang dibuat orang dari senyawa organik, yang biasanya diperoleh dari minyak bumi.  Senyawa atau bahan campuran organik adalah senyawa yang terbentuk dari karbon dan unsur-unsur lain. Plastik dibuat melalui suatu proses kimia yang menggabungkan molekul-molekul senyawa organik sederhana menjadi rantai-rantai panjang yang mungkin mengandung jutaan satuan. Plastik biasanya terjadi dalam keadaan cair, kemudian dikeraskan dengan pemanasan atau pendinginan. Plastik bersifat tahan karat, ringan, bening atau berwarna , dan merupakan penyekat panas dan listrik yang baik. Bahan ini mudah dibentuk dan beberapa di antaranya sangat kuat.

Bahan campuran plastik untuk pertama kalinya ditemukan di Amerika. Seluloid dipatenkan pada tahun 1870, sedang Bakeli ditemukan pada tahun 1908. Dewasa ini plastik merupakan salah satu bahan yang paling banyak dipakai dalam kehidupan masyarakat modern. Amerika Serikat adalah penghasil plastik terbesar di dunia.

Bahan plastik dapat dibuat menjadi berbagai macam barang. Bahan ini dapat dicetak, ditarik menjadi benang, dijadikan lembaran bening, dan dibuat cat, perekat, atau barang perhiasan.

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-18 Hal. 35.
Tag : Ujar
0 Comments for "Mengenal Plastik dan Sejarahnya"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top