Mengenal Jonas Salk Penemu Vaksin Polio

Jonas Salk adalah ilmuan Amerika yang pertama menemukan vaksin pencegah penyakit kelumpuhan pada kanak-kanak. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Sebelum vaksin penemuan Salk [Jonas Salk] digunakan, polio atau penyakit lumpuh menyebarkan kematian atau kelumpuhan pada ribuan anak-anak dan orang dewasa.

Mengenal Jonas Salk Penemu Vaksin Polio
Jonas Salk dilahirkan di News York City pada tahun 1914. Pada tahun 1939 ia menjadi dokter dan mulai melakukan penelitian kedokteran. Ia bertekatd mengkhususkan diri dalam penyakit yang disebabkan oleh virus. Ia turut mengembangkan vaksin untuk melawan virus penyebab influensa. Pada tahun 1947 ia menjadi direktur Laboratorium Penelitian Virus Universitas Pittsburgh. Pada tahun 1948 ia memulai penelitian utuk menemukan virus penyebab polio. Ia menemukan tiga jenis utama virus. Dari virus ini dibuatnya vaksin. Mula-mula vaksin ini dicoba pada monyet dan berhasil baik. Tahun 1954 Yayasan Kelumpuhan Kanak-Kanak Amerika mencoba vaksin Salk [Jonas Salk] pada hampir dua juta anak. Percobaan ini membuktikan bahwa vaksin Salk menolong mencegah polio.

Salk melanjutkan penelitian-penelitian pada Salk Institute for Biological Studies di San Diego, California. Lembaga itu didirikan pada tahun 1963 dan merupakan pusat penelitian bagi para ahli di berbagai bidang.

Biografi Singkat:
Nama : Jonas Salk
Lahir: 28 Oktober 1914, Kota New York, New York, Amerika
Meninggal: 23 Juni 1995, La Jolla, San Diego, California, California, Amerika
Penghargaan: Lasker-DeBakey Clinical Medical Research Award
Pasangan: Fran├žoise Gilot (m. 1970–1995), Donna Lindsay (m. 1939–1968)
Saudara kandung: Lee Salk

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-20 Hal. 17. Internet.
Tag : Biografi
0 Comments for "Mengenal Jonas Salk Penemu Vaksin Polio"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top