Program Peningkatan Produktivitas Kerja


asik belajar dot com. Program-program peningkatan produktivitas kerja yang cukup penting, antara lain dapat pula dilaksanakan dengan cara:
  1. Pemberian insentif : Program peningkatan produktivitas kerja dapat ditandai dengan adanya pemberian tunjangan kepada para pegawai yang mempunyai prestasi kerja yang tinggi.  Dimana pemberian ini didasarkan atau ditentukan andilnya terhadap produktivitas.
  2. Kepuasan kerja : Persoalan peningkatan kepuasan kerja merupakan hal kompleks.  Maka diperlukan penyusunan kembali yang menyangkut penggandaan pekerjaan dan perluasan tenaga kerja.
  3. Pengawasan melekat : Pengawasan melekat terdiri dari pengawasan atasan langsung oleh sistem pengendalian manajemen.  Dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja pegawai, maka pengawasan atasan langsung dan sistem pengendalian manajemen harus dapat dilaksanakan secara intensif pada suatu organisasi atau perusahaan, supaya pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai serta lancarnya kegiatan organisasi dapat segera diketahui, sehingga bila terjadi penyimpangan dari tujuan yang ditentukan, maka akan segera diketahui tindakan perbaikan.
Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, baik yang berhubungan dengan tenaga kerja ataupun yang berhubungan dengan lingkungan perusahaan dan kebijaksanaan pemerintah secara keseluruhan.  Adapun menurut Balai Pengembangan Produktivitas Daerah dalam Sedarmayanti (1995: 74-75), ada enam faktor utama yang dapat menentukan produktivitas tenaga kerja, sebagai berikut:
  1. Sikap kerja, seperti: kesediaan untuk bekerja secara bergiliran (shift work), dapat menerima tambahan tugas dan bekerja dalam suatu tim.
  2. Tingkat keterampilan, yang ditentukan oleh pendidikan, latihan dalam manajemen dan supervisi serta keterampilan dalam teknik industri.
  3. Hubungan antara tenaga kerja dan pimpinan organisasi yang tercermin dalam usaha bersama antara pimpinan organisasi dan tenaga kerja untuk meningkatkan produktivitas melalui lingkaran pengawasan mutu (quality control cyrcle) dan panitia mengenai kerja unggul.
  4. Manajemen produktivitas, yaitu manajemen efisien mengenai sumber dan sistem kerja untuk mencapai peningkatan produktivitas.
  5. Efisiensi tenaga kerja, seperti perencanaan tenaga kerja dan tambahan tugas.
  6. Kewiraswastaan, yang tercermin dalam pengembalian resiko, kreativitas dalam berusaha, dan berada pada jalur yang benar dalam berusaha.
QR Code
Tag : Manajemen
0 Comments for "Program Peningkatan Produktivitas Kerja"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top