Strategi Pemilihan Metode pada Pembelajaran Tematik

Stategi Pemilihan Metode pada Pembelajaran Tematik
Strategi Pemilihan Metode pada Pembelajaran Tematik. Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.  Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.  Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi.  Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai metode.

Metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran , metode pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak setiap metode pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematis, maka dalam pembelajaran yang dilakukan perlu disiapkan berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multimetode, yaitu :
  1. Metode Diskusi (Discussion method) >> Klik Penjelasannya Disini
  2. Metode Tanya Jawab >> Klik Penjelasannya Disini
  3. Metode Demontrasi (Demonstration method) >> Klik Penjelasannya Disini
  4. Metode Ceramah Plus >> Klik Penjelasannya Disini
  5. Metode Percobaan (Experiemental method) >> Klik Penjelasannya Disini
  6. Metode Simulasi >> Klik Penjelasannya Disini
Sumber : Trianto, M.Pd (2010) berjudul Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.  Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal. 132-142
0 Comments for "Strategi Pemilihan Metode pada Pembelajaran Tematik"

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

Back To Top