Elemen Dasar Belajar Kolaboratif

Elemen Dasar Belajar Kolaboratif
Elemen-elemen dasar kerjasama kolaboratif (Stairs, 2005) itu adalah :
  1. kesalingtergantungan secara positif;
  2. adanya interaksi saling ketemu muka dalam bekerjasama;
  3. rasa tanggungjawab individu untuk menyelesaikan tugas bersama;dan
  4. dibutuhkannya keterampilan interpersonal dan kerjasama kelompok kecil.
Keterampilan kerjasama membuahkan implikasi adanya keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk berkolaborasi.   Keterampilan kerjasama berfungsi memperlancar hubungan kerja dan tugas.  Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komunikasi antar anggota kelompok, sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar anggota kelompok selama kegiatan.  Rasa salingketergantungan tercipta melalui kerjasama kolaboratif.  Perangkat untuk pengorganisasian proses kerja kolaborasi dalam tim perlu dipersiapkan untuk menunjang efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan belajar.

Pentingnya kerjasama kolaboratif dalam kelompok (Johnson,1987;Panitz;1996;Joyce & Weil, 1996) adalah:
  1. Menumbuhkan tanggungjawab individu, karena di antara individu menyadari akan adanya tugas-tugas bersama dalam kelompok.
  2. Meningkatkan komitmen pada kelompok dan tujuan-tujuan bersama dimana anggota kelompok saling bantu-membantu, saling membutuhkan, memberikan umpan balik yang tepat, dan memberi dorongan untuk pencapaian tujuan-tujuan bersama.
  3. Memperlancar interaksi antar individu dan antar kelompok diantara anggota kelompok, yang memungkinkan tiap anggota menampilkan keterampilan sosial dan kompetensi dalam berkomunikasi.
  4. Memberikan stabilitas pada kelompok sehingga anggota kelompok dapat bekerjasama dengan anggota lain dalam waktu yang cukup lama tetapi tidak melelahkan dan dapat membangun norma kelompok, penampilan tugas bersama, dan pola-pola interaksi.
Sumber : Prof. Dr. Suratno, M.Pd dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan pada FKIP Univ. Lambung Mangkurat tgl. 11 Mei 2013 dengan judul : Penanaman Nilai Kerjasama untuk Membentuk Kompetensi Mahasiswa Dalam Perspeksi Pembelajaran Kolaboratif.
    0 Comments for "Elemen Dasar Belajar Kolaboratif"

    Berikan Komentar Terbaik Anda Disini [NO SPAM, SARA n PORN]. Terima Kasih

    Back To Top